Awas ‘Neraka’ Macet di Tol saat Mudik, Bisa Terjadi di Sini

Kemacetan parah terjadi di Jalan Raya TB Simatupang, Jakarta Selatan, Jumat (24/2/2023). Pengendara terjebak 30 menit dari Flyover Tol Andara hingga menuju jalan Cilandak. (CNBC Indonesia/Muhammad Sabki)

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono mengungkapkan tol Cileunyi – Sumedang – Dawuan (Cisumdawu) dibuka secara fungsional pada 15 April 2023 mendatang guna mendukung mudik Lebaran tahun ini. Dengan begitu, pemudik yang mengarah ke Cirebon dari Bandung bisa full menggunakan Tol Cisumdawu.

“Seksi 4, 5, dan 6 akan dibuka fungsional pada 15 April. Sudah tembus dari Bandung ke Cirebon mudah-mudahan sangat membantu tugas Korlantas untuk mengatur arus lalu lintas dari Jawa Barat ke Jawa Tengah,” ungkap Menteri PUPR Basuki Hadimuljono saat Rapat Dengar Pendapat dengan Komisi V DPR di Gedung DPR Senayan, Jakarta, Selasa lalu (4/4/2023).

Basuki menambahkan nantinya tol ini akan tersambung penuh sepanjang 95,7 km. Sehingga nantinya untuk perjalanan mudik dari tol Cipali bisa langsung menerus hingga kawasan Cileunyi hingga Dawuan.

“Sehingga tembus Bandung-Cirebon,” sebutnya.

Dibuka full Tol Cisumdawu menuju Cirebon bisa saja menyebabkan kemacetan ‘neraka’ terutama terjadi di titik temu. Adapun titik temu Tol Cisumdawu dan Tol Cipali yang mengarah ke Tol Trans Jawa adalah di KM 152+200 Tol Cipali.

Titik temu ini dikenal dengan sebutan Junction Dawuan yang masuk ke wilayah Kabupaten Majalengka. Junction Dawuan merupakan konstruksi simpang susun jalan tol yang menghubungkan ruas Tol Cipali, Tol Cisumdawu, dan akses Tol menuju Bandara Kertajati.

Untuk operasional Tol Cisumdawu, Basuki menyerahkan kepada Korlantas Polri. Dia berharap adanya beberapa ruas Tol Cisumdawu yang beroperasi secara fungsional bisa menekan kemacetan dan penumpukan kendaraan.

“Sadang-Kutanegara insyaallah bisa dipakai secara fungsional. Tol Cisumdawu pemakaian dilakukan sesuai kebijakan di lapangan seperti one way dari Bandung menuju Cirebon dan arus balik dari Cirebon ke Bandung,” sebut Basuki.

Sebelumnya, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mewanti-wanti para pemudik untuk berangkat tidak di tanggal yang mendekati Lebaran yaitu dari H-3 hingga H-1 Lebaran. Potensi macet bakal terjadi di beberapa titik, terutama di Tol Cipali  dan exit Tol Merak Tol Jakarta-Merak.

Ada beberapa potensi kemacetan lainnya yang bisa terjadi yaitu di Gerbang Tol Cikampek Utama Tol Japek, Gerbang Tol Kalikangkung Tol Semarang-Solo, dan Gerbang Tol Banyumanik Tol Semarang-Solo

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*