Daftar Perusahaan AS-Eropa-Asia Terdampak Bank Silicon Valley

A Silicon Valley Bank sign is shown in San Francisco, Monday, March 13, 2023. Depositors withdrew savings and investors broadly sold off bank shares Monday as the federal government raced to reassure Americans that the banking system was secure after two bank failures fed fears that more financial institutions could fall. Regulators closed the Silicon Valley Bank on Friday after depositors rushed to withdraw their funds all at once.  (AP Photo/Jeff Chiu)

Bank Silicon Valley (Silicon Valley Bank/SVB) dinyatakan kolaps Jumat pekan lalu. Bank terbesar urutan ke-16 di Amerika Serikat (AS) ini resmi bangkrut hanya 48 jam setelah berencana mengumpulkan dana untuk menambah modal.

Kolapsnya bank pemberi pinjaman yang berfokus pada startup ini mengirimkan gelombang kejut ke sistem keuangan global dan mendorong regulator untuk turun tangan mengatasi dampak tersebut.

Runtuhnya SVB juga menimbulkan kekhawatiran bahwa kenaikan suku bunga bank sentral AS, Federal Reserve (The Fed) dapat mengekspos kerentanan dalam ekonomi global, di mana era uang murah telah berlangsung selama beberapa dekade berakhir.

Lalu adakah yang terdampak? Berikut daftar perusahaan di seluruh dunia yang memiliki simpanan di SVB dan terkena dampak mengutip Reuters, Rabu (15/3/2023).

Amerika

– Roblox

Perusahaan game online mengatakan sekitar 5% dari saldo kas dan sekuritas senilai US$3 miliar, sekitar US$150 juta, disimpan di SVB.

– Roku

Pembuat perangkat streaming ini mengatakan memiliki sekitar US$487 juta, sekitar26% dari kas dan setara kas perusahaanya. Ini disimpan dalam bentuk deposito dengan SVB.

– BuzzFeed

Perusahaan media digital tersebut mengatakan memiliki sekitar US$56 juta dalam bentuk tunai. Ini setara kas pada akhir tahun 2022, yang sebagian besar disimpan di SVB.

– Sunlight Financial Holding Inc

Penyedia pembiayaan tenaga surya ini mengatakan sebagian besar kas perusahaan yang tidak dibatasi, yaitu US$64 juta dari US$73,2 juta, ada di SVB. Data dikatakan 10 Maret lalu.

– Acuityads Holding Inc

Perusahaan teknologi yang berbasis di Kanada itu mengatakan mempertahankan rekening bank AS dengan SVB yang berjumlah US$55 juta. Semua disimpan dalam bentuk deposito.

– Astra Space Inc

Pembuat roket mengatakan uang tunai disimpan di deposito dengan SVB, dengan jumlah yang mewakili sekitar 15% dari uang tunai, setara kas, dan surat berharga perusahaan saat ini. Jumlah tersebut tercatat per 10 Maret.

– Cohu Inc

Pembuat produk semikonduktor mengatakan memiliki rekening deposito dengan SVB dengan saldo agregat sekitar US$12,3 juta. Ini sekitar 3,8% dari total kas dan investasi perusahaan.

– Rocket Lab USA Inch

Pembuat roket itu mengatakan memiliki rekening deposito dengan SVB dengan saldo agregat sekitar US$38 juta, atau sekitar 7,9% dari total kas dan setara kas perusahaan dan surat berharga. Ini tercatat 31 Desember 2022.

– Alkami Technology Inc

Alkami Technology Inc adalah perusahaan penyedia solusi perbankan digital. Perusahaan dilaporkan memiliki rekening deposito di SVB dengan saldo agregat sekitar US$3,3 juta, bersama dengan sekitar US$8,3 juta dalam rekening “sweep” yang digunakan oleh SVB untuk membeli aset eksternal.

– Stitch Fix

Perusahaan layanan penataan gaya online mengatakan pihaknya akan mengantisipasi batas kredit US$40 juta dengan SVB tidak akan tersedia. Ini karena kolapsnya bank tersebut.

– Circle

Perusahaan cryptocurrency AS Circle mengatakan US$3,3 miliar dari US$40 miliar cadangannya berada SVB.

– BlockFi

Pemberi pinjaman kripto yang bangkrut, BlockFi Inc, memiliki sekitar US$227 juta dana tidak terlindungi di SVB. Ini diketahui dari menurut laporan Wall Street Journal pada hari Jumat.

– Payoneer Global Inc

Penyedia pembayaran global mengatakan dari sekitar US$6,4 miliar total saldo kas pada 31 Desember 2022, kurang dari US$20 juta ditahan di SVB.

– Lendingclub Corp

Perusahaan keuangan, yang memiliki US$8 miliar dari total aset pada 28 Februari, mengatakan hubungannya dengan SVB terbatas pada dana deposito sebesar US$21 juta. Mereka menambahkan peristiwa itu tidak menimbulkan risiko bagi operasi perusahaan.

– Vir Biotechnology

Perusahaan biotek ini mengatakan mempertahankan akun operasi di SVB dengan sekitar US$220 juta pada hari Jumat.

– Sunrun

Perusahaan solar residensial Sunrun Inc mengatakan memiliki simpanan tunai dengan SVB berjumlah hampir US$80 juta, sementara komitmen SVB yang belum ditarik di fasilitas gudang agregasi senior non-recourse adalah sekitar US$40 juta.

– Sunnova Energy International Inc

Anak perusahaan Sunnova adalah bagian dari fasilitas kredit di mana SVB berfungsi sebagai pemberi pinjaman, dengan komitmen yang tidak didanai sebesar US$15 juta di bawah Fasilitas Back-Leverage.

– Oak Street Health Inc

Perusahaan perawatan kesehatan mengatakan SVB adalah pemberi pinjaman untuk fasilitas kredit pinjaman berjangka US$300 juta bersama dengan Hercules Capital Inc, di mana perusahaan telah menarik US$75 juta.

– Ginkgo Bioworks Holding Inc

Pengembang obat mengatakan saldo kas anak perusahaannya Zymergen Inc disimpan di rekening deposito di SVB, mewakili sekitar US$74 juta dari kas dan setara kas perusahaan pada 31 Desember 2022.

– Alphatec Holding Inc

Perusahaan teknologi medis mengatakan mempertahankan rekening deposito dengan SVB sekitar US$14 juta yang digunakan untuk operasi sehari-hari.

Eropa

– Trustpilot Group Plc

Perusahaan Denmark, yang menjalankan platform ulasan global, mengatakan SVB UK adalah mitra perbankan utamanya, dengan US$36 juta disimpan di bank danUS $18 juta saat ini sedang ditransfer dari SVB UK tetapi menunggu konfirmasi.

– Diaceutics

Penyedia teknologi dan solusi untuk industri farmasi memperingatkan ketidakpastian material atas kemampuannya untuk melayani modal kerjanya dalam jangka pendek. Mereka memiliki sebagian besar dari 22,2 juta pound dalam bentuk tunai di akun SVB dan mencoba memindahkan uangnya sebelum penutupan SVB tetapi transaksinya tertunda.

– Zealand Pharma

Pengembang obat Denmark memiliki simpanan sebesar 162,6 juta crowns Denmark (US$23,4 juta) di SVB, yang merupakan sekitar 15% dari dana cair grup tersebut.

– Pharming Group NV

Perusahaan biofarmasi mengatakan memiliki simpanan US$26 juta di SVB AS, dan berharap tidak menanggung kerugian atas simpanan tersebut.

– Kinnevik AB

Perusahaan investasi yang berbasis di Swedia mengatakan bagian pro rata deposito SVB berjumlah kurang dari US$20 juta.

– Alecta

Dana pensiun Swedia, pemegang saham SVB sejak 2019, memiliki sekitar 1.200 miliar crowns Swedia (US$111,94 miliar) aset yang dikelola dan mengatakan total investasinya di SVB hanya di bawah 9 miliar crowns.

Asia Pasifik

– Nitro Software

Pembuat perangkat lunak produktivitas Australia Nitro Software Ltd mengatakan memiliki sekitar US$12,18 juta dari cadangan kas globalnya yang disimpan di SVB.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*