JUAL BELI Surat Suara Pemilu 2024 di Malaysia, Dibanderol dengan Harga Rp 81.900 hingga Rp 163.800

Di Malaysia terjadi jual beli surat suara pemilu RI 2024. Harga surat suara Pemilu 2024 itu dibanderol dengan harga 25 sampai 50 ringgit.

Jika dirupiahkan dengan kurs Rp 3.276, maka harga surat suara di kisaran Rp 81.900 hingga Rp 163.800.

“Per surat suara bisa berharga 25-50 ringgit,” kata Direktur Eksekutif Migrant Care Wahyu Susilo dalam konferensi pers yang digelar di Jakarta kemarin.

Wahyu Susilo mengungkapkan surat suara yang diperjualbelikan oleh makelar suara berasal dari surat suara metode pos.

Surat suara itu tidak terdistribusi dengan baik, sehingga tidak diterima oleh warga negara Indonesia (WNI) di Malaysia.

Menurut Wahyu, motif utama dalam praktik yang selalu terjadi dalam setiap pemilu ini adalah uang.

“Yang terjadi adalah memanfaatkan surat suara yang nganggur di kotak-kotak pos, di apartemen-apartemen. Mereka (makelar) ambilin dan kemudian terkumpul banyak,” jelasnya.

Fenomena itu disebut Wahyu merupakan pelanggaran pemilu. Namun, penuntasan masalah tersebut menurutnya terkendala dari sisi yurisdiksi hukum karena terjadi di Malaysia.

Menumpuk di kotak pos apartemen
Dalam kesempatan yang sama, Manager Program Migrant Care Mulyadi menjelaskan surat suara yang dikirim panitia penyelenggara pemilihan luar negeri (PPLN) di Malaysia ke tempat WNI pada akhirnya menumpuk di kotak pos apartemen. Hal itu disebabkan satu kotak pos apartemen di Malaysia diperuntukkan untuk beberapa penghuni.

Oleh karena itu, WNI tidak dapat mengetahui dengan pasti saat surat suara dikirim ke alamat mereka.

Menurut Mulyadi, makelar suara baru bekerja dengan mendatangi kotak pos di apartemen-apartemen WNI.

“Mereka sengaja nyari ke pos satu dan pos-pos lain. Setelah itu mereka menimbun surat suara pos. Ketika ada yang membutuhkan, mereka bargaining position, tawar-menawar antara 25-50 ringgit (per surat suara),” pungkasnya.

Sementara itu Warga Negara Indonesia (WNI) yang berprofesi sebagai pekerja rumah tangga (PRT) di Malaysia juga mengalami kendala untuk melakukan pencoblosan. Hal ini mengingat proses pemungutan suara di Malaysia beririsan dengan Tahun Baru Imlek.

Koordinator Advokasi Migrant Care Siti Badryiah menjelaskan alasannya adalah karena mayoritas keluarga di mana PRT ini bekerja tengah merayakan Tahun Baru Imlek. Sehingga para PRT sulit untuk pergi ke luar rumah.

“PRT susah ikut nyoblos karena mayoritas kerja di orang China. orang China lagi hari raya. Saya juga ngalamin. Pada saat hari raya Chinese, PRT susah keluar, kerjaannya sangat banyak sekali,” kata Siti.

“Apalagi majikannya umpamanya yang tidak pesta di rumah, mereka keluar, wisata, PRT-ya dibawa. Itu saya kira jadi kendala untuk PRT melakukan pencoblosan di TPS,” sambungnya.

Di sisi lain, Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI mengklaim proses pemungutan suara di luar negeri berjalan lancar kecuali di Malaysia. Namun ketidaklancaran itu berkaitan dengan video dan informasi yang beredar soal surat suara di Kuala Lumpur, Malaysia yang sudah tercoblos lebih dulu.

“Sejauh ini pelaksanaan pemungutan suara untuk 3 metode di luar negeri baik itu pemungutan suara dengan metode pos, KSK, ataupun TPS LN alhamdulillah berjalan lancar,” ujar Anggota KPU RI Idham Holik. “Kecuali Kuala Lumpur yang perlu kami konfirmasi lebih lanjut,” ia menambahkan.

Selain di Kuala Lumpur, 127 wilayah yang melaksanakan pemungutan suara berjalan lancar. Termasuk di mana yang sebelumnya pemerintah setempat menetapkan keadaan darurat.

“Di 127 PPLN (panitia pemilihan luar negeri) lainnya alhamdulilah dalam kondisi kondusif semuanya berjalan lancar termasuk di Panama City,” jelas Idham.

“Di Panama kan kemarin ada state of emergency ditetapkan oleh pemerintahnya,” sambungnya.

Sejumlah lokasi di luar sudah mulai melakukan pencoblosan untuk Pemilu RI sejak 5 Februari 2024.

Untuk hari ini, banyak lokasi yang melangsungkan kegiatan tersebut, mulai dari negara dari Asia, Eropa, Amerika, Australia, hingga Afrika.

Ketua KPU RI nemastikan pihaknya mematuhi aturan yang berlaku.

Ketua Komisi Pemilihan Umum RI (KPU) Hasyim Asy’ari juga merespons tuduhan kecurangan Pemilu 2024.

Hasyim menyebut pihaknya akan menjawab tuduhan apa pun dengan kerja profesional dan integritas.

Hasyim menyampaikan bahwa kerja KPU dalam penyelenggaraan Pemilu 2024 masih berlangsung. Pemilu 2024 akan memasuki hari pemilihan pada Rabu (14/2/2024) lusa.

“Intinya, KPU mau ada apa pun, pernyataan apa pun, yang penting kami bekerja sungguh-sungguh, bekerja berdasarkan aturan, profesional, menjaga integritas dan juga menjaga netralitas,” kata Hasyim usai meninjau pelaksanaan pemungutan suara di World Trade Center (WTC), Kuala Lumpur, Malaysia, Minggu (11/2/2024).

Doktor filsafat dari Universitas Malaya Malaysia itu menyebut tuduhan-tuduhan yang dialamatkan kepada KPU akan terbantahkan dengan fakta. “Yang penting kita tunjukkan itu, nanti macam-macam tuduhan kan akan terbantah dengan kerja-kerja kita, ya. KPU tidak ada niat berbuat yang aneh-aneh,” kata Hasyim dikutip dari Kompas TV.

Pada Minggu (11/2/2024), Ketua KPU RI Hasyim meninjau pemungutan suara warga negara Indonesia WTC Kuala Lumpur bersama Komisioner KPU Idham Holik dan Ketua Panitia Pemilihan Luar Negeri (PPLN) Kuala Lumpur Umar Faruk.

Sebanyak 223 Tempat Pemungutan Suara (TPS) menerima penyaluran suara WNI yang masuk dalam Daftar Pemilih Tetap Luar Negeri (DTPLN) Kuala Lumpur, Daftar Pemilih Tambahan Luar Negeri (DPTbLN) dan Daftar Pemilih Khusus (DPK).

Sementara itu, pemungutan suara di Indonesia baru akan dilakukan pada Rabu (14/2/2024) lusa.

Sementara, Pemilu 2024 telah memasuki masa tenang sejak Minggu (11/2/2024) hingga Selasa (13/2/2024).

Bawaslu juga telah mengingatkan agar pihak yang terlibat Pemilu, tidak melakukan aktivitas kampanye setelah masa kampanye berakhir pada Sabtu (10/2/2024).

Di sisi lain, eks Ketua KPU Arief Budiman menegaskan, agar jangan ada politik uang di masa tenang Pemilu 2024 selama 3 hari ini, hal itu disampaikan di Kompas TV.

Sebelumnya, Anggota Komisi Pemilihan Umum (KPU) Idham Holik mengungkap hampir dua ribu surat suara Pemilu 2024 di Kuala Lumpur, Malaysia, dicoblos orang tak berwenang.

Idham menyebut informasi itu dia terima dari Panitia Penyelenggara Pemilihan Luar Negeri (PPLN) Kuala Lumpur.

“Informasinya ada 1.972 surat suara yang dicoblos oleh orang yang tidak berwenang,” kata Idham, Jumat (9/2/2024).

Idham menyampaikan Panitia Pengawas Pemilu Luar Negeri (Panwaslu LN) Kuala Lumpur saat ini sedang mendalami informasi tersebut.

“PPLN Kuala Lumpur nanti akan menginformasikan lebih lanjut secara rinci. Saat ini Panwaslu LN Kuala Lumpur juga sedang mendalami peristiwa tersebut,” terang Idham.

Idham tidak berkomentar lebih jauh terkait surat suara yang dicoblos orang tak berwenang itu.

Idham menegaskan KPU akan menunggu hasil investigasi Panwaslu LN Kuala Lumpur terlebih dahulu.

Sebelumnya, anggota Bawaslu RI Lolly Suhenty mengatakan pihaknya telah menggandeng pihak kepolisian untuk menelusuri informasi tersebut.

Sebab, Bawaslu berpendapat ada potensi tindak pidana pemilu dari kejadian itu.

“Karena potensi pidana pemilu, maka kami juga berkoordinasi dengan Atase Kepolisian KBRI,” terang Lolly.

Beberapa waktu lalu, Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) juga tengah menelusuri dugaan surat suara yang sudah tercoblos di kolom salah satu paslon di Tempat Pemungutan Suara Luar Negeri (TPSLN) di Malaysia. “Sedang dalam penelusuran Bawaslu,” kata anggota Bawaslu Lolly Suhenty, Rabu (7/2/2024) lalu.

Lolly menyatakan dugaan kecurangan itu diselidiki oleh Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Malaysia di bawah pantauan Bawaslu. “Saat ini sedang dilakukan penelusuran oleh Panwaslu LN (luar negeri), dalam pantauan langsung Bawaslu RI,” ujarnya.

Diberitakan sebelumnya, Tim Kampanye Nasional (TKN) Prabowo-Gibran mengaku menemukan dugaan kecurangan, setelah mendapat foto dan video adanya aktivitas pencoblosan surat suara secara ilegal, untuk pemilih luar negeri di Malaysia.

“Kami ingin menyampaikan ekspos terkait informasi yang menurut kami cukup meyakinkan, yaitu dugaan kecurangan yang sangat-sangat kasat mata terjadi di luar negeri ya, Malaysia, TPSLN Malaysia,” kata Habiburokhman kepada wartawan di Media Center TKN, Jalan Sriwijaya Nomor 16, Jakarta Selatan, Selasa (6/2/2024).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*