Makin Mudah, Produk Investasi Kini Bisa Dibeli di Marketplace

Syailendra Capital

Saat ini banyak masyarakat yang sudah melek investasi karena sadar akan kebutuhan masa depan yang tidak dapat ditunda. Sayangnya, masih sedikit penyedia produk investasi yang menyediakan solusi kemudahan pencairan dana lewat aplikasi smartphone.

Untungnya, Syailendra Capital sebagai manajer investasi terpercaya di Indonesia terus mengembangkan inovasinya untuk menyediakan kemudahan investasi yang berbasis teknologi. Hal ini diwujudkan Syailendra melalui kerja sama dengan Marketplace Tokopedia, dan layanan dompet elektronik OVO.

Head of Retail and Business Alliances Of Syailendra Capital, Agustinus Candra mengatakan bahwa pihaknya terus melakukan engagement yang baik bersama dua partner tersebut dalam mewujudkan kemudahan investasi masyarakat.

“Kita mencoba menjangkau agar masyarakat dapat membeli (produk investasi) dengan mudah, juga dapat melakukan monitoring dengan mudah,” ujarnya kepada CNBC Indonesia, dikutip Rabu (1/3/2023).

Bersama marketplace Tokopedia, Syailendra Capital meluncurkan layanan reksa dana online yang likuid sehingga bisa dicairkan dan diterima di rekening nasabah di hari yang sama (T+0) melalui aplikasi Tokopedia. Produk reksa dana pasar uang (RDPU) yang bisa dibeli melalui platfrom Tokopedia adalah Syailendra Dana Kas (SDK), milik Syailendra Capital.

“SDK fokus berinvestasi pada instrumen pasar uang, deposito berjangka, atau obligasi yang memiliki jatuh tempo kurang dari satu tahun. SDK memberikan alternatif investasi dengan likuiditas tinggi dan kinerja menarik,” jelas Syailendra dikutip dari akun Instagram @reksadana.syailendra¬†belum lama ini.

SDK menjadi alternatif investasi yang tepat sebagai tempat dana parkir sementara ketika belum bisa menentukan tujuan investasi. SDK juga bisa menjadi tempat menyimpan dana darurat agar tidak tercampur dengan dana operasional sehari-hari dan tempat menabung untuk target jangka pendek.

Instrumen ini bahkan cenderung likuid karena proses pencairan hanya satu hari, bahkan ada yang bisa diproses beberapa jam saja. Sedangkan untuk imbal hasilnya, sebagian besar RDPU menawarkan hingga 3-4% per tahun (data per 25 Januari 2023).

Keunggulan lain adalah dana investasi dapat ditarik kapan pun, tanpa ada potongan atau pinalti sehingga sangat membantu jika sewaktu-waktu membutuhkan dana cepat. RDPU juga mudah didapat dan saat ini tersedia di beberapa marketplace, termasuk Tokopedia.

Sementara itu, VP Fintech and Payment Tokopedia, Vira Widiyasari menuturkan bahwa penjualan distribusi produk investasi dari Syailendra memiliki performa yang sangat positif. Bahkan, transaksi reksa dana di Tokopedia tumbuh hampir 27 kali lipat, sedangkan jumlah pengguna juga tumbuh 57 kali lipat.

“Tentunya ini juga karena prosesnya yang mudah, jadi dengan 3 pedoman Tokopedia, salah satunya adalah fokus customer, kita bikin proses on-boardingnya semudah mungkin sehingga diharapkan lebih banyak masyarakat yang lebih banyak menggunakan produk investasi ini untuk apapun tujuan keuangannya nanti,” jelasnya.

Sedangkan bersama OVO, Syailendra menghadirkan Reksa Dana Syairah Syailendra OVO Bareksa Tunai Likuid (Reksa Dana Syariah SOBAT Likuid), yang merupakan reksa dana pasar uang syariah pertama di Indonesia, yang bisa dicairkan secara instan ke E-Wallet.

“Ke depan kita juga sudah mengembangkan digital internal ,kita siapkan investasi atau suatu proses untuk mempermudah nasabah dalam melihat atau melakukan transaksi ke depan,” pungkasnya.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*