PNS Single Pindah Duluan ke IKN? Ini Kata Menteri PANRB

Menteri PANRB Abdullah Azwar Anas Dalam Acara Rakornas Kepala Daerah dan FORKOPIMDA Tahun 2023. (Tangkapan Layar Youtube Kemendagri RI)

Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Abdullah Azwar Anas angkat suara perihal kabar Aparatur Sipil Negara yang berstatus single akan pindah duluan ke Ibu Kota Nusantara. Ia mengaku tidak mengetahui hal tersebut.

“Saya justru single membaca dari media,” ujar Anas kepada wartawan di Istana Kepresidenan, Jakarta, Rabu (15/3/2023).

Dia juga membantah kalau pembahasan terkait hal itu dilakukan dalam rapat kabinet di bawah pimpinan Presiden Joko Widodo.

“Mungkin bisa saja teman-teman di otorita mempertimbangkan mungkin ada beberapa dan lain hal, tapi di rapat kabinet tidak ada,” kata Anas.

Eks Bupati Banyuwangi itu bilang kalau Jokowi memberikan tugas kepada Kementerian PANRB melakukan skenario pemindahan ASN. Ia menyebut kurang lebih ada 16 ribu ASN yang akan dipindahkan.

“Nah ini kita simulasikan, semula ada skenario 6.000. Kalau 6.000 kan terlalu sepi, maka bapak presiden meminta ditambah termasuk skenario 20.000. Ketemulah skenario 16.000-an di mana 11.000-nya adalah ASN, selebihnya adalah tenaga dari hankam (pertahanan keamanan),” ujar Anas.

Dia lantas menuturkan kalau Menteri PUPR Basuki Hadimuljono telah menyiapkan super block untuk rumah dinas.

“Sejauh ini saya tidak ada yang merasa keberatan, tapi yang menulis surat untuk ikut pindah justru ada, terutama anak-anak muda yang mereka punya kemampuan teknologi dan punya semangat tinggi. Kira-kira begitu,” kata Anas.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*