Sah! MA Lantik Perry Warjiyo Jadi Gubernur BI hingga 2028

Pengucapan sumpah jabatan Perry Warjiyo sebagai Gubernur Bank Indonesia, Rabu (24/5/2023). (Tangkapan layar Youtube Bank Indonesia)

Mahkamah Agung (MA) mengambil sumpah jabatan Perry Warjiyo sebagai Gubernur Bank Indonesia (BI) terpilih untuk periode 2023-2028. Pengambilan sumpah jabatan dilakukan pada pukul 09.20 WIB di MA, Jakarta, Rabu (24/5/2023).

“Mengangkat saudara Perry Warjiyo sebagai Gubernur Bank Indonesia terhitung sejak tanggal pengucapan sumpah atau janji,” ungkap surat Presiden Joko Widodo yang ditetapkan pada 5 Mei 2023, dikutip Rabu (24/5/2023).

Dengan surat ini, maka Ketua MA berhak untuk mengambil sumpah jabatan, sekaligus melantik Perry Warjiyo. Ketua https://kecoak123.shop/ Mahkamah Agung H. M. Syarifuddin bertanya langsung kepada Perry: “Bersedia kah saudara diambil sumpahnya?”

“Bersedia,” jawab Perry dengan tegas. Perry pun diminta untuk membacakan naskah sumpah jabatan.

“Demi Allah saya bersumpah bahwa saya untuk menjadi Gubernur BI langsung atau tidak langsung dengan nama atau dalih apapun tidak memberikan atau menjanjikan untuk memberikan sesuatu kepada siapapun juga,” ungkap Perry.

“Saya bersumpah bahwa saja akan melaksanakan tugas dan kewajiban sebagai Gubernur BI dengans sebaik-baiknya dan penuh rasa tanggung jawab,” tegasnya.

Dengan sumpah tersebut, Perry dipastikan akan mengemban jabatan hingga 2028. Adapun, tamu undangan yang turut menyaksikan pengambilan sumpah jabatan a.l. Wapres 2014-2019 Jusuf Kalla, Menteri Keuangan Sri Mulyani, Gubernur BI 2013-2018 Agus Martowardojo dan Ustadz Yusuf Mansyur serta Wakil Ketua DPR Rachmat Gobel.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*